Selasa, 04 Mei 2010

Rahasia di Balik Wajah & Telapak Tangan

Kalau kita cermati lebih mendalam lagi, ternyata ada rahasia besar yang terkandung di dalamnya sehubungan dengan masalah kesehatan.

Melalui raut muka kita bisa mengenali apakah orang yang bersangkutan dalam keadaan sehat atau sakit, sedang sedih atau gembira, dan banyak hal lagi. Demikian pula dengan telapak tangan,ianya dapat menggambarkan berbagai kondisi kesehatan seseorang. Pada telapak tangan terkandung 1000 rahasia tentang kesehatan manusia.

Begitu pula dengan wajah dan pergelangan tangan, dari wajah sering di gunakan untuk mendiagnosis penyakit melalui iris mata (iridologi), lidah, nafas, dan dari pergelangan tangan dengan denyut nadinya.

Beberapa indikasi penyakit yang dapat kita ketahui dan pelajari seputar telapak tangan, di antaranya :

  • Sembelit (gangguan pada usus/colon).

Tanda-tanda yang dapat kita amati sbb:

ü Garis garis jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin serius permaslahannya.

ü Garis garis yang ada pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya,mengindikasikan semakin serius sembelitnya.

ü Terdapat bayngan hitam secara keseluruhan dari telapak tangan, semakin gelap mengindikasikan semakin kronik sembelitnya.

ü Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, maka mengindikasikan juga adanya masalah sembelit.

Gejala dari sembelit antara lain :

1. Najis dikeluarkan melebihi 14 jam.

2. Buang air besar (BAB) sering (tiap hari), tapi tidak tuntas, masih ngejan.

3. Mudah mengantguk.

4. Sakit kepala.

5. Letih dan haus.

6. Masalah kulit,dsb.

Dr. Arbuthnothane (pakar colon dari Inggris) mengungkapkan bahwa : ”Sembelit merupakan sebab dari semua jenis penyakit yang melanda peradaban manusia ”

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit, yaitu :

01. Makanan yang tidak seimbang, kurang serat, terlalu sering makan makanan olahan, fast food. Jenis makanan ini dapat menghambat penyingkiran tinja dan menyebabkan racun/toksin menempel pada kantong usus (colon pockets).

02. Perekatan (adhesions) dapat menjadi penyebab sembelit akibat membran mukus yang menempel pada dinding usus.

03. Kurang olah raga, dsb.

Sembelit akan menyebakan wasir (hemorroid), wasir menyebabkan spasm (pengerutan) atau kejang otot dubur/anus (anal muscle) dan menghambat proses pembuangan tinja oleh usus.

Selanjutnya otot usus yang lemah dapat menjadi lumpuh dan menghambat pengosongan perut dengan sempurna, hal ini menyebabkan racun dari tinja melekat di usus. Akibatnya dapat menimbulkan kanker atau infeksi dan penyakit autointosikasi, yaitu najis (sisa sisa makanan) yang lama tidak terbuang dan kuman jahat akan di serap dan masuk kedalam saluran darah dan hati secara berterusan, akibatnya akan timbul berbagai penyakit degeneratif seperti diabets, hypertensi, asam urat, dan lainnya.

Diare/mencret/cirit birit meruapakan salah satu bentuk sembelit yang kronis, dimana hanya kotoran yang berupa cairan yang keluar, sementara yang keras masih menempel di usus (Dr. John Christopher). Diare sering di sebabkan oleh keracunan makanan, adanya parasit/ cacing, panas dingin.

Berdasarkan pengalaman Dr. Hane (Arbuthnothane) banyak penykit degeneratif sembuh setelah mendapatkan perawatan dengan pembersihan najis/racun yang ada di usus. Contohnya ada seorang pemuda yang terkena radang sendi (arthitis) kronis sembuh total setelah racun di ususnya di bersihkan.Ada juga pasen seorang wanita yang menderita gondok (goriter) telah menun jukan tanda-tanda kesembuhan setelah beberapa kali racun/toksin yang ada di usus di bersihkan.

Perawatan Alamiah (Natural Treatment) pada usus

a) Perubahan dalam gaya hidup dengan cara membiasakan diri makan makanan yang alami dengan kandungan serat yang tinggi misalkan sayuran dan buah-buahan organik. Mulai meninggalkan/mengurangi makanan siap saji, makanan olahan, makanan yang mengandung perasa,pewarna,dan pengawet. Makanan yang di goreng dengan minyak berulang kalipun harus di hindari

b) Olah raga, terutama olah raga untuk daerah perut (abdoment).

c) Memahami bahasa tubuh sendiri seperti:makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, hindari makan saat emosi.

d) Hindari pencahar sintetis karena ia dapat mengganggu penyerapan sodium dan keseimbangan potanuim di usus besar. Di samping itu juga pencahar bisa menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang lama berupa kekurangan nutrisi, keletihan,dehidrasi,dll.

e) Colon cleansing dengan menggunakan herba-herba pilihan seperti aloe vera (lidah buaya), halia (jahe), madu, ganggang biru (spirulina), pegagan, mengkudu,dll.

Petunjuk Rasulullah SAW untuk pengobatan usus besar

Di riwayatkan dalam shahih Bukhari- Muslim bahwa Abu Sa’id al-Khudri r.a. berkata : ”Seorang laki-laki datang kepada Nabi saw. Lalu bercerita,”Saudara laki-laki saya mengeluhkan keadaan perutnya.” Nabi saw. Mengatakan,”Berilah sedikit madu”.Laki-laki itu pergi dan kemudian kembali lagi sambil mengatakan,”Saya telah memberinya madu, tetapi tidak membantu,”Kemudian Nabi saw. Menyuruh laki-laki itu untuk memberi madu lagi kepada saudaranya. Setelah empat kali di beri madu, barulah saudara laki-laki itu sakit perutnya sembuh. Nabi saw. Berkata, ”Allah mengatakan yang benar sementara perut saudaramu berbohong.”

Madu mengandung khasiat pengobatan yang luar biasa, karena ia mampu membersihkan zat-zat beracun yang terkumpul dalam perut.

”Keluar dari perut lebah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang

menyembuhkan bagi manusia.”

(QS. 16 : 69)

”Gunakanlah dua jenis obat, yaitu madu dan al quran. ”

(HR. Ibnu Majah)

1 komentar: